Thursday, January 6, 2011

SEA trip Day 3: Kuala Lumpur - Hat Yai

Perjalanan ke Hat Yai dimulai jam 21.15 dari KL Sentral. Berhubung perjalanan malam dan siangnya saya sudah capek, maka nyaris seluruh perjalanan saya habiskan dengan tidur pulas. Sekitar jam 8 pagi kami tiba di stasiun Padang Besar yang merupakan perbatasan antara wilayah Malaysia dan Thailand. Cap paspor sebentar, kemudian saya pergi ke ruang tunggu di luar untuk menunggu kereta yang sama yang akan membawa saya ke Hat Yai. Keretanya menurut masinis tadi akan dibersihkan dulu sebelum lanjut ke Hat Yai. Setelah menunggu sekitar setengah jam, kereta tersebut kembali dan saya kembali naik ke gerbong dan kursi yang sama. Dan kembali tidur. Entah kenapa saya ngantuk banget rasanya.

2nd class seater Ekspress Senandung Langkawi KL-HYJ

Tidak terasa saya tertidur sekitar satu jam. Pas bangun ternyata kereta masih juga berada di stasiun Padang Besar entah kenapa. Akhirnya kami berangkat setelah sekitar dua jam transit di Padang Besar. Jadwal ketibaan yang semestinya jam 9an pagi tiba di Hat Yai, molor hingga jam 12an.
 Stasiun Padang Besar



Di Hat Yai saya langsung ke loket untuk membeli tiket ke HUA LAMPHONG, BANGKOK. Saya diberi selembar kertas kuning yang ditulis dengan tangan yang ternyata adalah tiket kereta. Tanpa memeriksa ulang saya membayar dengan THB 450 dan diinformasikan bahwa kereta berangkat jam 4 sore.


Tiketnya T___T

Berhubung masih ada waktu beberapa jam, saya celingukan cari toilet. Ternyata toilet di sini ada showernya. Yay! ^_^

Segar rasanya mandi setelah seharian kemarin bersimbah peluh berjalan kaki keliling kota dan semalaman nempel di kursi kereta. Biaya 'sewa' shower adalah THB 10.

Saya memutuskan untuk menitipkan ransel cilik saya ke tempat penitipan tas, sehargga THB 20, dan melangkah keluar stasiun.

Hat Yai ternyata kota yang lumayan ramai. Di mana-mana terdapat tempat makan dan toko emas. Bagi teman-teman yang muslim, jangan takut. Tepat di depan stasiun Hat Yai ada restoran makanan halal, dan juga di beberapa tempat di Hat Yai lainnya.
 Makan siang: Nasi Babi Panggang ^_^

Tempat makan halah di depan Stasiun

Setelah puas berjalan-jalan, saya kembali ke Hat Yai Junction untuk menunggu kereta. Tulisan cakar ayam di tiket kereta membuat saya garuk-garuk kepala dan bertanya ke beberapa petugas mengenai jam keberangkatan dan lokasi platform kereta.

Sekitar jam 15.45 saya menaiki kereta. Saya lihat keretanya sama dengan yang saya naiki dari Kuala Lumpur tadi. Saya pikir oh mungkin ini memang kereta terusan.

Sekitar jam 16.00 kereta berangkat. Dan saya dong lagi-lagi ketiduran.

Saya terbangun ketika masinis mengatakan "Padang Besar, Padang Besar. Please get off from the train for your immigration procedure."

HLOH? KENAPA SAYA KEBAWA KEMBALI KE PADANG BESAR?

Perasaan mulai gak enak nih...

Saya masuk bersama penumpang lainnya ke imigrasi Thailand. Dan mendapat cap EXIT FROM THAILAND.

What the....

Dari bilik imigrasi Thailand, kami masuk ke bilik imigrasi Malaysia. Di sana saya ditanyakan mau tinggal di Malaysia berapa lama?

WHAT? I JUST LEFT FROM THERE THIS MORNING!

Saat berusaha menjelaskan situasi kepada petugas imigrasi yang juga kebingungan lihat saya semi panik. Saya menoleh kembali ke tiket yang saya pegang.

Dan di sana tertulis tujuan: KUALA LUMPUR

YAIKS!

Rupanya petugas penjual tiket di Hat Yai salah dengar ucapan saya. HUA LAMPHONG disangka KUALA LUMPUR.

Hadeuh gimana dong dong dong..

Ya akhirnya saya pasrah aja. Kereta menuju Hat Yai baru ada lusa pagi. Kereta yang saya tumpangi ini. Dan paspor saya sudah kadung dicap EXIT FROM THAILAND juga.

Akhirnya dengan separuh marah, kesal, dan malu pada diri sendiri, saya memutuskan untuk... kembali ke KL Sentral *sigh*

HIlanglah RM 96 dengan sia-sia (saya beli tiket KL Sentral-Hat Yai seharga RM48. Dua kali balik ya seharga RM96), dan juga THB 450 (karena tadi saya salah beli tiketnya)

Dan sekarang saya sedang menuju kembali ke KL Sentral T________________T

Pelajaran berharga: BACA BAIK-BAIK TIKET DI TANGAN

Ya ya ini bodoh sekali. Sekitar Rp. 500rb terbuang sia-sia, padahal saya berangkat dengan bajet super tipis yang nyaris tidak mengijinkan terjadi kesalahan seperti ini. Tsk.

Anyway, mari kita lihat saja bagaimana perjalanan saya ke depannya.


 Dini hari di KL Sentral *sigh*

2 comments:

  1. owh nitaaa, baru baca ini...
    *spikles*

    ReplyDelete
  2. Nita.. haduh turut berduka cita ya.. Smoga lancar utk selanjutnya

    ReplyDelete